Contoh Simbiosis Mutualisme Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Contoh Simbiosis Mutualisme Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Contoh simbiosis mutualisme – Pengertian simbiosis adalah hubungan timbal balik antara dua organisme dalam ekosistem. Terdapat beberapa macam-macam simbiosis dari mulai simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme. Kali ini khusus akan dibahas mengenai simbiosis mutualisme dari mulai definisi dan pengertian simbiosis mutualisme dan contoh contoh simbiosis mutualisme.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Definisi simbiosis mutualisme mencakup interaksi dua organisme yang sama-sama mendapatkan manfaat dari interaksi yang dilakukan oleh keduanya dalam suatu ekosistem. Dalam simbiosis mutualisme tidak ada yang dirugikan karena organisme yang berinteraksi mendapat keuntungan.

Di antara macam-macam simbiosis yang lain, simbiosis ini memang cukup sering dijumpai. Contoh simbiosis mutualisme dapat kita lihat di lingkungan sekitar atau ekosistem alam. Contoh yang paling mudah ditempai adalah hubungan antara bunga dengan lebah atau kupu-kupu. Keduanya saling mendapat keuntungan dari interaksi yang mereka lakukan. Ada juga contoh simbiosis mutualisme di air dan darat lain yang bisa kita amati.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Berikut ini merupakan contoh simbiosis mutualisme dan gambar simbiosis mutualisme beserta penjelasan proses, interaksi keuntungan yang diraih makhluk hidup dalam simbiosis ini.

1. Bunga sepatu dan lebah

contoh simbiosis mutualisme lebah dan bunga

Lebah akan hinggap dan menghisap nektar dari sari kelopak bunga sebagai makanannya, sementara bunga sepatu akan dibantu proses penyerbukannya oleh lebah tersebut. Keduanya sama-sama mendapat keuntungan dari interaksi yang dilakukan.

2. Burung jalak dan kerbau

contoh simbiosis mutualisme kerbau dan burung jalak

Burung jalak akan hinggap di punggung kerbau. Jalak mendapat manfaat karena ia bisa makan kutu sebagai konsumsi, sementara kerbau akan mendapat keuntungan dimana kutu-kutu yang ada di punggungnya jadi hilang dan terbebas dari rasa gatal.

3. Rayap dan protista

contoh simbiosis mutualisme rayap dan protista

Rayap dapat memakan selulosa dari kayu-kayuan karena dalam ususnya terdapat protista. Keduanya sama-sama mendapat keuntungan dimana protista membantu rayap dalam mencerna selulosa, sedangkan rayap menyediakan tempat tinggal bagi protista.

4. Burung oxpecker dan zebra

contoh simbiosis mutualisme zebra dan oxpecker

Burung oxpecker biasa memakan kutu dan serangga lainnya yang menjadi parasit bagi tubuh zebra. Sedangkan zebra memperoleh manfaat tubuhnya menjadi bersih dari kutu dan parasit tersebut. Burung oxpecker juga biasa memberi sinyal pertanda bagi zebra jika ada pemangsa datang.

5. Bunga dan kupu-kupu

contoh simbiosis mutualisme kupu kupu dan bunga

Contoh simbiosis mutualisme pada bunga dan kupu-kupu hampir sama dengan pada interaksi bunga sepatu dan lebah. Kupu-kupu akan menghisap nektar dari sari kelopak bunga sebagai makanannnya, sementara bunga akan terbantu proses penyerbukannya.

6. Buaya dan burung plover

contoh simbiosis mutualisme buaya dan burung plover

Burung plover memiliki kebiasaan memakan kotoran atau sisa makanan yang ada di gigi buaya. Dampaknya, buaya juga mendapat keuntungan yaitu terbebas dari penyakit mulut yang mungkin muncul, sementara burung plover dapat memperoleh makanan secara gratis.

7. Kelelawar berbulu wol dan kantong semar

contoh simbiosis mutualisme kelelalawar dan kantong semar

Interaksi antara kelelawar berbulu wol dan kantong semar juga termasuk contoh simbiosis mutualisme. Kelelawar berbulu wol biasa tinggal di tempat yang nyaman di sekitar tanaman kantung semar, sedangkan kantung semar bisa memperoleh pupuk yang berasal dari kotoran kelelawar.

8. Semut dan myrmecodia echinata

contoh simbiosis mutualisme semut dan myrmecodia

Myrmecodia atau tumbuhan semut akan menghasilkan madu yang akan dikonsumsi semut. Sedangkan myrmecodia echinata akan memperoleh mineral dari hasil pencernaan semut dan limbah lainnya. Keduanya pun menghasilkan interaksi yang saling menguntungkan.

9. Tumbuhan kacang-kacangan dan bakteri rhizobium

contoh simbiosis mutualisme tumbuhan kacang dan rhizobium

Contoh simbiosis mutualisme berikutnya adalah antara bakteri rhizobium dan tumbuhan kacang-kacangan atau leguminosae. Bakteri rhizobium akan hidup pada bintil akar kacang-kacangan dan memperoleh makanan, sementara tanaman kacang-kacangan akan mendapat nitrogen yang diikat oleh rhizobium.

10. Jamur dan tanaman alga

contoh simbiosis mutualisme jamur dan alga

Jamur akan membuat lingkungan sekitar menjadi lembab agar tanaman alga bisa tumbuh dan bisa melakukan proes fotosintesis. Sementara jamur akan mendapat keuntungan dari bagian hasil fotosintesis yang dilakukan oleh tanaman alga tersebut.

11. Ikan karnivora dan udang

contoh simbiosis mutualisme ikan karnivora dan udang

Pada ikan karnivora biasa terdapat sisa-sisa makanan yang mudah ditempeli parasit. Hal ini dimanfaatkan oleh udang yang memakan parasit-parasit tersebut. Sebaliknya manfaat juga didapatkan oleh ikan karnivora karena parasit yang berbahaya yang ada di tubuhnya menjadi hilang.

12. Manusia dan bakteri usus besar

contoh simbiosis mutualisme manusia dan bakteri usus besar

Manusia juga bisa terlibat dalam simbiosis mutualisme dengan organisme lain, misalnya bakteri. Bakteri usus besar atau escherichia ecoli berguna untuk mengurangi pertumbuhan bakteri jahat dan mempercepat proses pembusukan di dalam usus besar. Selain manfaat bagi manusia, bakteri tersebut juga mendapat manfaat yaitu bisa mendapat sisa-sisa makanan dari usus besar.

13. Burung pelatuk dan semut

contoh simbiosis mutualisme burung pelatuk dan semut

Burung pelatuk rufus woodpecker akan bertelur di sarang semut, kemudian semut akan menjaga telur-telur tersebut. Kemudian burung pelatuk akan berjaga di luar sarang agar semut tidak diserang oleh predator. Interaksi keduanya pun saling menguntungkan.

14. Anemon laut dan ikan badut

contoh simbiosis mutualisme ikan badut dan anemon laut

Anemon laut akan memberikan perlindungan pada ikan badut dari serangan predator seperti ikan kupu-kupu. Sedangkan ikan badut memakan parasit berbahaya yang melekat pada tentakel anemon laut dan membersihkan anemon dari kotoran.

15. Bunga raflesia dan lalat

contoh simbiosis mutualisme bunga raflesia dan lalat

Contoh simbiosis mutualisme yang lain adalah antara bunga raflesia dan lalat. Lalat akan membantu bunga Raflesia arnoldi untuk melakukan penyerbukan. Sedangkan lalat juga mendapatkan manfaat yaitu mendapat sari manis dari bunga Raflesia arnoldi.

16. Semut dan kutu daun

contoh simbiosis mutualisme semut dan kutu daun

Semut akan mendapat keuntungan dari kutu daun berupa embun madu yang dihasilkan. Sementara manfaat yang didapatkan oleh kutu daun dalam contoh simbiosis mutualisme ini adalah perlindungan dari serangan para predator yang diberikan.

17. Petani dan burung hantu

contoh simbiosis mutualisme petani dan burung hantu

Jenis simbiosis mutualisme yang lain adalah antara burung hantu dengan manusia yang berprofesi sebagai petani. Burung hantu akan membantu petani membasmi hama tikus yang menyerang ladangnya. Sedangkan burung hantu bisa mendapatkan makanan dari hal tersebut.

18. Burung bangau dengan kuda nil

contoh simbiosis mutualisme bangau dan kuda nil

Burung bangau akan memakani kutu-kutu dan parasit yang ada di punggung kuda nil. Hal ini menguntungkan kedua belah pihak, dimana burung bangau akan mendapatkan konsumsi makanan sementara kuda nil akan terbebas dari kutu dan parasit yang berbahaya.

19. Kumbang dengan bunga

contoh simbiosis mutualisme kumbang dan bunga

Contoh ini hampir sama dengan contoh simbiosis mutualisme antara bunga sepatu dan lebah serta kupu-kupu dan bunga. Kumbang akan mendapatkan nektar yang dihisap dari sari bunga, sedangkan bunga akan terbantu proses penyerbukannya.

20. Hiu dan ikan remora

contoh simbiosis mutualisme hiu dan remora

Contoh simbiosis mutualisme di air yang lain adalah antara hiu dan ikan remora. Ikan remora akan memakan sisa makanan yang ada di hiu, sementara hiu juga mendapat keuntungan dimana tubuhnya menjadi bersih. Interaksi ini juga sering disebut masuk contoh simbiosis komensalisme.

Nah demikianlah info pengetahuan mengenai pengertian simbiosis mutualisme dan contoh contoh simbiosis mutualisme dalam lingkungan dan ekosistem. Tidak hanya interaksi komponen biotik dan abiotik saja, interaksi antar dua makhluk hidup juga bisa menghasilkan manfaat dari kedua belah pihak seperti yang bisa dilihat dari contoh-contoh di atas.

Tinggalkan komentar