Pengertian Kimia Menurut Para Ahli dan Cabang Ilmu Kimia [Lengkap]

Pengertian Kimia Menurut Para Ahli dan Cabang Ilmu Kimia [Lengkap]

Pengertian kimia – Apa itu kimia? Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan atau ilmu sains. Lantas apa sebenarnya definisi kimia? Apa pengertian kimia secara umum dan pengertian kimia menurut para ahli? Untuk itu dalam artikel ini akan dibagikan info mengenai pengertian kimia menurut para ahli beserta definisi, ruang lingkup dan ciri-ciri ilmu kimia selengkapnya.

Pengertian Kimia

Apa arti kimia? Terdapat banyak definisi kimia yang dikenal luas. Pengertian kimia sering dikemukakan oleh banyak ilmuwan dan peneliti baik ilmuwan Indonesia atau luar negeri. Selain itu definisi kimia juga bisa dilihat di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

(baca juga pengertian sains)

pengertian kimia

Definisi Kimia Menurut KBBI

Pengertian dan definisi kimia tentu beragam dan terdapat banyak pendapat. Salah satu rujukan arti kata kimia bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dan definisi kimia adalah ilmu tentang susunan, sifat dan reaksi suatu unsur atau zat.

Artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan susunan, sifat dan reaksi zat atau unsur termasuk dalam ilmu kimia.

Pengertian Kimia Secara Umum

Secara umum, pengertian kimia adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, reaksi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul.

Definisi kimia juga mencakup perubahan atau transformasi serta interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kimia juga mempelajari tentang pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan.

Pengertian Kimia Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa penjelasan tentang pengertian kimia menurut para ahli, baik dari Indonesia atau pun peneliti luar negeri selengkapnya.

Brady

Pengertan ilmu kimia menurut Brady pada tahun 1994 adalah sebuah ilmu mengenal bahan kimia. Bahan kimia bukanlah zat abstrak yang perlu ditakuti oleh manusia biasa. Bahan ini mencakup benda yang ada di sekitar kita.

Ilmu kimia juga dapat didefinisikan sebagai ilmu murni yang mempelajari bahan-bahan yang ada di alam semesta, interaksi di antaranya dan perubahan energi yang berhubungan karena adanya perubahan-perubahan alam.

Agung Nugroho Catur Saputro & Irwan Nugraha

Pendapat dari Agung Nugroho Catur Saputro dan Irwan Nugraha di tahun 2008 mengemukakan bahwa definisi kimia merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya.

Irfan Anshory

Pengertian ilmu kimia menurut Irfan Anshory di tahun 2000 adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain, serta energi yang menyertai perubahan materi.

Wikipedia

Pengertian kimia menurut Wikipedia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat dan perubahan materi.

Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda.

Cabang Ilmu Kimia

Terdapat beberapa cabang cabang ilmu kimia. Berikut merupakan beberapa daftar cabang ilmu kimia beserta penjelasan dan contohnya lengkap.

1. Kimia Analitik

Kimia analitik adalah cabang ilmu kimia yang mengkaji tentang analisis zat atau senyawa, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, meliputi sampling, penyiapan sample siap ukur, pengukuran, pemisahan, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya.

2. Biokimia

Biokimia adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari zat kimia serta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi seperti proses metabolisme dalam tubuh, (reaksi enzimatik, penguraian atau hidrolisis protein, karbohidrat dan lemak). Cabang ilmu biokimia :

  • Enzimologi (studi tentang enzim)
  • Endokrinologi (studi tentang hormon)
  • Biokimia klinik (studi tentang penyakit)
  • Biokimia molekuler (studi biomolekul dan fungsinya)

3. Kimia Anorganik

Kimia anorganik adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari unsur-unsur pembentuk senyawa, sifat unsur, dan senyawanya, penggunaan dan pembuatannya. Beberapa cabang ilmu kimia anorganik :

  • Kimia bioanorganik (studi peran logam dalam biologi)
  • Kimia koordinasi (studi senyawa koordinasi dan interaksi ligan)
  • Geokimia (studi komposisi kimia bumi, batuan, mineral & atmosfer)
  • Teknologi anorganik (sintesis senyawa anorganik baru)
  • Kimia nuklir (studi bahan radioaktif)
  • Kimia organologam (studi bahan kimia yang mengandung ikatan antara logam dan karbon)
  • Kimia padatan / kimia material (studi pembentukan, struktur, dan karakteristik material fasa padat)
  • Kimia anorganik sintesis (studi sintesis bahan kimia)
  • Kimia anorganik industrial (studi material yang digunakan dalam industri)

4. Kimia Organik

Kimia organik adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur dan pembentukan senyawa karbon, termasuk reaksi yang terlibat, mekanisme reaksi, dan ikatan serta kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut. Beberapa cabang ilmu kimia organik di antaranya :

  • Stereokimia (studi struktur molekul 3-dimensi)
  • Kimia medisinal (berurusan dengan perancangan, pengembangan dan sintesis obat-obatan farmasi)
  • Kimia organologam (studi bahan kimia yang mengandung ikatan antra karbon dan logam)
  • Kimia organik fisik (studi struktur dan reaktivitas dalam molekul organik)
  • Kimia polimer (studi komposisi dan pembentukan molekul polimer)

5. Kimia Fisika

Kimia fisika adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur, sifat, dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia tersebut. Beberapa cabang ilmu kimia fisik yaitu :

  • Elektrokimia (studi interaksi atom, molekul, ion dan arus listrik)
  • Fotokimia (studi efek kimia cahaya; reaksi fotokimia)
  • Kimia permukaan (studi reaksi kimia pada permukaan)
  • Kinetika kimia (studi laju reaksi kimia)
  • Termodinamika/termokimia (studi hubungan panas dengan perubahan kimia)
  • Mekanika kuantum/kimia kuantum (studi mekanika kuantum dan hubungannya dengan fenomena kimia)
  • Spektroskopi (studi spektrum cahaya atau radiasi)

Demikianlah artikel pengetahuan terbaru mengenai pengertian kimia menurut para ahli lengkap beserta definisi kimia, ruang lingkup kimia serta unsur-unsur dan cabang ilmu kimia. Sekian info sains kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

Tinggalkan komentar