Pengertian Sains Menurut Para Ahli Beserta Definisi dan Ciri-Cirinya

Pengertian Sains Menurut Para Ahli Beserta Definisi dan Ciri-Cirinya

Pengertian Sains – Apa itu sains? Kita sering mendengarnya namun apakah kita tahu apa yang dimaksud sains? Kita mungkin tahu jika definisi sains adalah ilmu pengetahuan atau ilmu alam, namun tentunya pengertian sains lebih dari itu dan lebih kompleks. Untuk itu dalam artikel ini akan dibagikan info mengenai pengertian sains menurut para ahli beserta definisi dan ciri-ciri lengkapnya.

Pengertian Sains Menurut Para Ahli

Apa arti sains? Terdapat banyak definisi sains yang dikenal luas. Pengertian science sering dikemukakan oleh banyak ilmuwan dan peneliti baik ilmuwan Indonesia atau luar negeri termasuk ilmuwan terkenal seperti Albert Einstein. Selain itu definisi sains juga bisa dilihat di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) atau pada peraturan Undang-Undang Republik Indonesia.

(baca juga pengertian fisika)

pengertian sains

Pengertian Sains Menurut Einstein 

Di tahun 1940, Ilmuwan terkenal Albert Einstein mengeluarkan pendapat mengenai definisi sains. Menurut Einstein apa yang dimaksud sains adalah sebuah bentuk upaya atau kegiatan yang memungkinkan dari berbagai variasi atau pengalaman inderawi mampu membentuk sebuah sistem pemikiran atau pola pikir yang secara rasional seragam.

Pengertian Sains Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary 

Sains adalah pengetahuan yang dicapai melalui studi atau praktek atau pengetahuan yang memiliki kebenaran dari pengoperasian ilmu misalnya yang diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah.

Pengertian Sains Menurut Hardy dan Fleer

Pendapat ini dikemukakan pada tahun 1996 yang menjelaskan sains dalam perspektif yang lebih luas. Menurut Hardy dan Fleer, pengertian science dapat dibedakan menjadi empat fungsi sains utama, yaitu sains sebagai kumpulan pengetahuan, sains sebagai suatu proses, sains sebagai kumpulan nilai serta sains sebagai suatu cara untuk mengenal dunia.

Pengertian Sains Menurut Wigner

Definisi sains dapat diartikan sebagai gudang atau penyimpanan pengetahuan tentang gejala-gejala alam. Pengertian sains juga mencakup pengetahuan tentang dunia alamiah yang diperoleh dari interaksi indra dengan dunia tersebut

Pengertian Sains Menurut Sund

Menurut Sund bahwa pengertian ilmu sains adalah sebagai produk dan proses hal-hal yang berkaitan dengan sikap ilmiah, metode ilmiah dan produk ilmiah.

Pengertian Sains Menurut Romano Harre

Sains adalah kumpulan teori-teori yang telah diuji kebenarannya, menjelaskan tentang pola pola dan keteraturan maupun ketidakteraturan dari gejala yang diamati dengan seksama.

Definisi Sains Menurut UU No. 2 Tahun 2003 

Menurut UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) bahwa arti sains adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manusia, yang dalam Undang-Undang dijelaskan bahwa pembelajaran Sains (Ilmu Pengetahuan Alam) diberikan pada jenjang pendidikan yang terdapat di Indonesia (SD/MI,SMP/MTS, maupun SMK) baik negeri maupun swasta.

Definisi Sains Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Arti sains dapat dilihat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Makna sains versi KBBI adalah ilmu pengetahuan pada umumnya, pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik termasuk di dalamnya botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya serta pengetahuan sistematis yang diperoleh dari sesuatu observasi, penelitian, dan uji coba yang mengarah pada penentuan sifat dasar atau prinsip sesuatu yang sedang diselidiki, dipelajari dan sebagainya.

Ciri-Ciri Sains

Ada beberapa unsur-unsur sains dan ciri-ciri sains yang membedakan dengan bidang ilmu pengetahuan lainnya. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri sains selengkapnya.

  1. Sains adalah logis, rasional, dan wajar.
  2. Ilmu membuat klaim yang terdefinisi yang didasarkan pada bukti baik yang tersedia.
  3. Hipotesis ilmiah harus bersifat falsifable.
  4. Eksperimen Ilmiah harus dapat diulang dalam kondisi yang sama.
  5. Ilmu memandang adanya kesenjangan yang tidak dapat dijelaskan dala teori atau juga bukti kecurigaan.
  6. Ilmu membutuhkan adanya upaya objektivitas, baik dari kontrol variabel dan bias.
  7. Ilmu menuntut penggunaan kejujuran dari metode ilmiah dan juga laporan jujur
  8. Sains tidak menerima kebetulan atau juga korelasi yang tidak terbukti.
  9. Persimoni atau juga kesederhanaan atau penjelasan yang sederhana.

Demikianlah artikel pengetahuan terbaru mengenai pengertian sains menurut para ahli lengkap beserta definisi sains, ruang lingkup sains dan unsur-unsur dan ciri-ciri sains. Sekian info sains kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

Tinggalkan komentar