5 Alat Ukur Waktu Beserta Ketelitian dan Penjelasannya [Lengkap]

5 Alat Ukur Waktu Beserta Ketelitian dan Penjelasannya [Lengkap]

Alat ukur waktu beserta ketelitian dan penjelasannya – Pengertian waktu atau masa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian.

Waktu juga merupakan salah satu dari tujuh besaran pokok. Standar waktu yang telah dikenal adalah sekon, menit, dan jam. Dalam satuan SI (standar internasional), standar waktu adalah sekon disingkat s. Hubungan antara ketiga besaran tersebut adalah 1 jam = 60 menit = 3.600 sekon.

Waktu dapat diukur berdasarkan gerakan yang berulang-ulang, misalnya tetesan air atau ayunan bandul. Alat ukur waktu sendiri bermacam macam jenisnya, salah satu yang biasa dipakai sehari hari adalah jam seperti jam dinding dan jam tangan.

Secara lebih lengkapnya, skala waktu diukur dengan satuan detik (sekon), menit, jam, hari (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu), pekan (minggu), bulan (Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember), triwulan/caturwulan/semester/musim, tahun, windu, dekade (dasawarsa), abad, milenium (alaf) dan seterusnya.

(baca juga alat ukur intensitas cahaya)

Macam-Macam Alat Ukur Waktu

Selain jam dinding yang sering digunakan, ada juga alat pengukur waktu lainnya misalnya stopwatch, kalender hingga jam pasir yang merupakan alat ukur klasik. Lalu sebenarnya apa saja macam macam alat ukur waktu dan ketelitiannya? Langsung saja berikut ini daftar jenis jenis alat untuk mengukur waktu lengkap beserta penjelasannya.

1. Jam

alat ukur waktu

Jam adalah sebuah alat ukur waktu yang paling populer dan sering digunakan. Lama sebuah jam adalah 1/24 (satu perduapuluh empat) hari. Satu jam bisa dibagi menjadi unit waktu yang lebih kecil lagi. Satu jam terdiri dari 60 menit dan 3600 detik.

Pada setiap jenis jam, biasanya dilengkapi dengan jarum sekon, jarum menit, dan jarum jam. Pada jam secara umum menggunakan satuan terkecil yaitu detik dan terbesar yaitu jam dengan 1 detik adalah skala terkecil pada jam.

2. Arloji (Jam Tangan)

alat ukur waktu

Jam tangan atau arloji adalah alat pengukur waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16. Arloji ini sebenarnya merupakan salah satu jenis dari jam.

Untuk ketelitiannya pun sama saja dengan jam. Hanya fungsinya saja sebagai alat ukur waktu yang berbeda karena arloji lebih praktis karena melekat pada pemakainya.

3. Stopwatch

alat ukur waktu

Stopwatch adalah alat ukur waktu yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam sebuah kegiatan, misalnya kita akan mengukur berapa lama waktu yang ditempuh seseorang saat berlari menuju jarak 100 m, maka kita akan sangat membutuhkan stopwatch sebagai alat pengukur waktunya.

Stopwatch ini terdiri dari dua macam yaitu stopwatch analog dan stopwatch digital. Stopwatch analog memiliki batas ketelitian 0,1 sekon sedangkan stopwatch digital memiliki batas ketelitian hingga 0,01

Cara penggunaannya adalah dengan memulai menekan tombol di atas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua pengguna dapat menyetel ulang stopwatch kembali ke nol. Tombol yang kedua juga digunakan sebagai perekam waktu.

4. Kalender

alat ukur waktu

Kalender, tarikh, atau penanggalan merupakan alat ukur waktu dengan rentang waktu cukup lama (hari, minggu, bulan). Kalender ini adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu, contohnya adalah nama-nama hari. Nama-nama ini dikenal sebagai tanggal kalender.

Tanggal ini bisa didasarkan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti matahari dan bulan. Kalender juga dapat mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut contohnya kalender dinding. Skala terkecil dari kalender adalah satu hari, jadi ketelitiannya adalah setengah hari.

4. Jam Pasir

alat ukur waktu

Jam pasir adalah alat ukur waktu zaman dahulu sebelum ditemukannya jam seperti saat ini dan belum diakuinya satuan detik. Terdiri dari dua tabung gelas yang terhubung dengan sebuah tabung sempit. Salah satu tabung biasanya diisi dengan pasir yang mengalir melalui tabung sempit ke tabung dibawahnya dengan laju yang teratur.

Ketika pasir telah mengisi penuh tabung bawah, alat ini bisa dibalik sehingga dapat digunakan kembali sebagai pengatur waktu. Jam pasir merupakan nama umum yang mengacu pada gelas pasir, di mana jam pasir ini digunakan untuk menghitung waktu selama satu jam.

Demikianlah informasi mengenai 5 alat ukur waktu beserta ketelitian dan penjelasannya secara lengkap. Simak juga artikel tentang alat ukur panjang. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan menjadikan kita mengerti mengenai apa saja macam macam alat untuk mengukur waktu.

2 pemikiran pada “5 Alat Ukur Waktu Beserta Ketelitian dan Penjelasannya [Lengkap]”

Tinggalkan komentar