7+ Faktor Penghambat Mobilitas Sosial Beserta Contoh & Penjelasannya

7+ Faktor Penghambat Mobilitas Sosial Beserta Contoh & Penjelasannya

Faktor penghambat mobilitas sosial – Mobilitas sosial merupakan suatu perpindahan status sosial sekelompok orang atau individu ke status yang lain. Mobilitas sosial atau gerak sosial juga sering terjadi di sekitar kita, baik itu mobilitas sosial secara vertikal atau secara horizontal.

Dalam kehidupan bermasyarakat, kecenderungan mengalami mobilitas sosial berbeda-beda, ada masyarakat yang dengan cepat dan mudah mengalami mobilitas sosial, tetapi ada juga masyarakat yang cenderung sulit mengalami mobilitas sosial. 

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya mobilitas sosial, baik itu faktor pendorong mobilitas sosial atau malah faktor penghambatnya juga. Dalam artikel ini akan khusus dibahas mengenai apa saja faktor-faktor yang menghambat terjadinya mobilitas sosial di masyarakat.

(baca juga faktor penghambat perubahan sosial)

faktor penghambat mobilitas sosial

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja faktor-faktor penghambat mobilitas sosial beserta contoh dan penjelasannya.

Kemiskinan

Faktor penghambat mobilitas sosial yang utama adalah faktor ekonomi atau kemiskinan. Bagi masyarakat miskin, mencapai status sosial tertentu merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena kondisi ekonomi yang masih memprihatinkan.

Kemiskinan dapat membatasi kesempatan bagi seseorang untuk berkembang dan mencapai suatu sosial tertentu. Oleh karena itu masalah kemiskinan penduduk menjadi masalah yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah suatu negara.

Diskriminasi Kelas

Faktor penghambat berikutnya adalah adanya diskriminasi kelas atau kelompok. Diskriminasi berarti membeda-bedakan terkait bangsa, suku, ras, agama, atau golongan tertentu. Hal ini rentan terjadi pada negara atau wilayah yang sangat beragam.

Hal ini terjadi karena adanya pembatasan suatu organisasi tertentu dengan berbagai syarat dan ketentuan, bisa juga hanya untuk kelas atau kelompok tertentu saja. Diskriminasi kelas ini membuat mobilitas sosial jadi terhambat.

Agama

Faktor agama juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial jadi terhambat. Dalam agama, seseorang tidak dibenarkan dengan sebebas-bebasnya dan sekehendak hatinya berpindah agama untuk mencapai status tertentu.

Contoh lain bisa dilihat di India, yang menggunakan sistem kasta. Adanya sistem ini membuat seseorang dari kasta rendah tidak bisa naik ke kasta tinggi, sehingga agama juga mampu menghambat terjadinya gerak sosial.

Perbedaan Ras

Perbedaan ras juga jadi salah satu faktor penghambat mobilitas sosial. Hal ini juga masih berkaitan dengan faktor diskriminasi kelas di atas, namun untuk faktor ini lebih ditekankan pada perbedaan ras dan suku seseorang dalam lingkungan masyarakat.

Contohnya sempat terjadi di Afrika Selatan, di era kekuasaan ras kulit putih, yang tidak memberi kesempatan pada ras kulit hitam untuk duduk di kursi pemerintahan, hingga dikenal dengan sistem apartheid.

Jenis Kelamin

Perbedaan gender atau jenis kelamin tentu juga turut menghambat terjadinya gerak sosial di masyarakat. Masih banyak yang setuju anggapan bahwa pria dipandang lebih tinggi derajatnya dan cenderung menjadi lebih mudah berpindah daripada wanita.

Pria dianggap lebih mudah dalam mendapat prestasi, kekuasaan, status sosial, dan kesempatan-kesempatan untuk meningkatkan status sosialnya, dibandingkan kaum wanita.

Pengaruh Sosial yang Kuat

Berikutnya ada faktor pengaruh sosial yang kuat yang bisa menghambat terjadinya mobilitas sosial dalam masyarakat. Hal ini berkaitan dengan tradisi dan adat istiadat sosial yang sudah tumbuh dan berkembang dalam kelompok masyarakat tertentu.

Sosialisasi yang sangat kuat dalam masyarakat adalah salah satu faktor penghambat mobilitas sosial, terutama jika berkaitan dengan nilai-nilai dan adat yang berlaku dalam masyarakat.

Perbedaan Kepentingan

Adanya perbedaan kepentingan juga mampu menjadi faktor penghambat mobilitas sosial. Misalnya jika terjadi perbedaan kepentingan antar individu dalam suatu organisasi menyebabkan masing-masing individu saling bersaing untuk memperebutkan sesuatu.

Perbedaan kepentingan seringkali menimbulkan sikap saling menghambat satu sama lain dalam mencapai tujuannya. Akibatnya mobilitas sosial akan terhambat dikarenakan adanya perbedaan kepentingan tersebut.

Nah itulah 7 faktor penghambat mobilitas sosial beserta contoh dan penjelasannya. Faktor-faktor penghambat tersebut meliputi faktor kemiskinan, diskriminasi kelas, agama, perbedaan ras, jenis kelamin, pengaruh sosial yang kuat, serta adanya perbedaan kepentingan.

Satu pemikiran pada “7+ Faktor Penghambat Mobilitas Sosial Beserta Contoh & Penjelasannya”

Tinggalkan komentar